P5 - Konsep Dasar Manajemen


Materi: Bentuk kegiatan manajemen, tipe keputusan dan informasi manajemen, pengawasan manajemen

Manajemen berasal dari kata manage yang artinya mengatur. Pengaturan dilakukan melalui proses dan diatur berdasarkan urutan dan fungsi-fungsi manajemen itu (Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan dan Pengendalian).

Definisi menurut Stoner dan Wankel : Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan upaya pengendalian anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya demi tercapainya tujuan organisasi yang telah dicapai.

Tujuan pokok manajemen adalah untuk memperoleh dayaguna (efisiensi) dalam kerja, dan untuk mendapatkan metode/teknik yang bagaimana yang sebaik-baiknya dilakukan harus menggunakan sumber-sumber (alat) yang ada dalam organisasi.

Tujuan manajemen saat ini adalah 3E (efektif, efisien dan ekonomis)

Efektif: mengerjakan pekerjaan yang benar atau tepat

Efisien: mengerjakan pekerjaan dengan benar atau tepat

Ekonomis: mengerjakan pekerjaan secara benar atau tepat



Fungsi manajemen menurut Sastrohadiwiryo (2005, 25-26):

a.       Perencanaan (Planning): proses dari rangkaian kegiatan untuk menetapkan terlebih dahulu tujuan yang diharapkan pada suatu jangka waktu tertentu atau periode waktu yang telah ditetapkan, serta tahapan yang harus dilalui untuk mencapai tujuan tersebut.

b.      Pengorganisasian (Organizing): proses dan rangkaian kegiatan dalam pembagian pekerjaan yang direncanakan untuk diselesaikan oleh anggota kelompok pekerjaan, penentuan hubungan pekerjaan yang baik diantara mereka, serta pemeliharaan lingkungan dan fasilitas pekerjaan yang pantas.

c.       Pengarahan (directing): satu rangkaian kegiatan untuk memberi petunjuk atau instruksi dari seorang atasan kepada bawahan atau beberapa bawahan, atau kepada orang yang diorganisasikan dalam kelompok formal dan dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.

d.      Pemotivasian (Motivating): suatu proses dan rangkaian kegiatan yang seorang manajer dalam memberikan inspirasi, semangat, dan kegairahan kerja serta dorongan kepada karyawan untuk dapat melakukan suatu kegiatan sebagaimana yang diharapkan.

e.       Pengendalian (Controlling): suatu proses dan rangkaian kegiatan untuk mengusahakan agar suatu pekerjaan dapat dilaksanakan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan dan tahapan yang harus dilalui. Dengan demikian, apabila ada kegiatan yang tidak sesuai dengan rencana dan tahapan, perlu diadakan suatu tindakan perbaikan (corrective action).



George R. Terry merumuskan fungsi-fungsi manajemen dalam POAC:

a.       Perencanaan (Planning). Perencanaan yang baik harus dapat menjawab what, who, why, where, when and How. Kegiatan: menetapkan tujuan dan target bisnis, merumuskan strategi untuk mencapai tujuan tersebut, menentukan sumber daya yang diperlukan, menetapkan standar atau indicator keberhasilan.

b.      Pengorganisasi (Organizing). Yaitu penetapan struktur peran-peran melalui penentuan aktivitas-aktivitas, pengelompokkan aktivitas, penugasan kelompok aktivitas, pendelegasian wewenang, pengkoordinasian hubungan antar wewenang serta informasi baik secara vertical maupun horizontal, yang dibutuhkan organisasi untuk mencapai tujuan organisasi. Kegiatan: mengalokasikan sumber daya, merumuskan dan menetapkan tugas, dan menetapkan prosedur, menetapkan struktur organisasi, kegiatan perekrutan, penyeleksian, pelatihan dan pengembangan sdm, penempatan sdm.

c.       Penggerakan (Actuating). Yaitu suatu fungsi pembimbingan dan pemberian pimpinan serta penggerakan orang-orang agar orang-orang tersebut mau dan suka bekerja. Kegiatan: mengimplementasian proses kepemimpinan, pembimbingan dan pemberian motivasi, memberikan tugas dan menjelaskan kebijakan yang ditetapkan

d.      Pengendalian/Pengawasan (Controlling). Yaitu suatu proses dimana pimpinan ingin mengetahui apakah hasil pelaksanaan pekerjaan yang dilakukan oleh bawahan sesuai dengan rencana, perintah, tujuan atau kebijakan yang telah ditentukan. Kegiatan: mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target, mengambil langkah klarifikasi dan koreksi, melakukan berbagai alternatif solusi.

Tingkatan Manajemen

1.      Manajemen Puncak (Top Management)

2.      Manajemen Tenga (Middle Management)

3.      Manajemen Bawah (Low Management)

Sumber manajemen (management resource):

1.    Man: tenaga kerja manusia

2.    Money: uang, untuk biaya keseluruhan kegiatan

3.    Materials: bahan-bahan yang diperlukan

4.    Metode: teknik/cara/sistem yang digunakan

5.    Machines: mesin-mesin yang digunakan

6.    Waktu: penjadwalan kegiatan

7.    Prasarana: lahan/tanah, gedung, alat angkut, listrik dan air, dsb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

P6 - Konsep Dasar Organisasi

P 10 : Konsep dan Peranan Sistem Database di dalam SIM